Minggu, 11 Maret 2012

LAPORAN PENDAHULUAN PADA PASIEN DENGAN CLOSE FRAKTUR

KONSEP DASAR PENYAKIT
A.    PENGERTIAN
·         Fraktur adalah terputusnya kontinuitas jaringan tulang yang umumnya disebabkan oleh rudapaksa (Mansjoer, Arif, et al, 2000).
·         Fraktur humerus adalah diskontinuitas atau hilangnya struktur dari tulang humerus (Mansjoer, Arif, et al, 2000).
·         Fraktur humerus adalah fraktur pada tulang humerus yang disebabkan oleh benturan / trauma langsung maupun tak langsung (Sjamsuhidajat, R. 2004).
Jadi fraktur humerus adalah fraktur pada tulang humerus yang disebabkan oleh benturan / trauma langsung maupun tak langsung karena diskontinuitas atau hilangnya struktur dari tulang humerus.

B.    PENYEBAB
1)      Cedera dan benturan seperti pukulan langsung, gaya meremuk, gerakan puntir mendadak, kontraksi otot ekstrim.
2)      Letih karena otot tidak dapat mengabsorbsi energi seperti berjalan kaki terlalu jauh
3)      Kelemahan tulang akibat penyakit kanker atau osteoporosis pada fraktur patologis.

C.    PATOFISIOLOGI
Ketika tulang patah, sel tulang mati. Perdarahan biasanya terjadi di sekitar tempat patah dan ke dalam jaringan lunak di sekitar tulang tersebut. jaringan lunak biasanya mengalami kerusakan akibat cedera. Reaksi inflamasi yang intens terjadi setelah patah tulang. Sel darah putih dan sel mast terakumulasi sehingga menyebabkan peningkatan aliran darah ke area tersebut. fagositosis dan pembersihan sel dan jaringan mati dimulai. Bekuan fibrin (hematoma fraktur) terbentuk di tempat patah dan berfungsi sebagai jala untuk melekatnya sel-sel baru. Aktivitas osteoblas akan segera terstimulasi dan terbentuk tulang baru imatur, disebut kalus. Bekuan fibrin segera direabsorpsi dan sel tulang baru secara perlahan mengalami remodeling untuk membentuk tulang sejati. Tulang sejati menggantikan kalus dan secara perlahan mengalami kalsifikasi. Penyembuhan memerlukan waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan (fraktur pada anak sembuh lebih cepat). Penyembuhan dapat terganggu atau terhambat apabila hematoma fraktur atau kalus rusak sebelum tulang sejati terbentuk, atau apabila sel tulang baru rusak selama kalsifikasi dan pengerasan. (Elizabeth J. Corwin, 2009; 337)

D.    GEJALA KLINIS
·         Nyeri biasanya menyertai patah tulang traumatik dan cedera jaringan lunak. Spasme otot dapat terjadi setelah patah tulang dan menimbulkan nyeri. Pada fraktur stress, nyeri biasanya menyertai aktivitas dan berkurang dengan istirahat. Fraktur patologis mungkin tidak disertai nyeri.
·         Posisi tulang atau ekstremitas yang tidak alami mungkin tampak jelas.
·         Pembengkakan disekitar tempat fraktur akan menyertai proses inflamasi.
·         Gangguan sensasi atau kesemutan dapat terjadi, yang menandakan kerusakan saraf. Denyut nadi di bagian distal fraktur harus utuh dan sama dengan bagian nonfraktur. Hilangnya denyut nadi di sebelah distal menandakan sindrom kompartemen walaupun adanya denyut nadi tidak menyingkirkan kemungkinan gangguan ini.
·         Krepitus (suara gemeretak) dapat terdengar saat tulang digerakkan karena ujung-ujung patahan tulang bergeser satu sama lain.
(Elizabeth J. Corwin, 2009; 337)

E.    PEMERIKSAAN FISIK
1.      Inspeksi (look)
Adanya deformitas (kelainan bentuk) seperti bengkak, pemendekan, rotasi, angulasi, fragmen tulang (pada fraktur terbuka).
2.      Palpasi (feel)
Adanya nyeri tekan (tenderness), krepitasi, pemeriksaan status neurologis dan vaskuler di bagian distal fraktur. Palpasi daerah ektremitas tempat fraktur tersebut, di bagian distal cedera meliputi pulsasi arteri, warna kulit, capillary refill test.
3.      Gerakan (moving)
Adanya keterbatasan gerak pada daerah fraktur. Gerakan antar fragmen harus dihindari pada pemeriksaan karena menimbulkan nyeri dan mengakibatkan cedera jaringan. Pemeriksaan gerak persendian secara aktif termasuk dalam pemeriksaan rutin fraktur. Gerakan sendi terbatas karena nyeri, akibat fungsi terganggu (Loss of function). (Anonim, 2008)

F.    PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK/PENUNJANG
1.      Pemeriksaan radiologis (rontgen), pada daerah yang dicurigai fraktur, harus mengikuti aturan role of two, yang terdiri dari :
·         Mencakup dua gambaran yaitu anteroposterior (AP) dan lateral.
·         Memuat dua sendi antara fraktur yaitu bagian proximal dan distal.
·         Memuat dua extremitas (terutama pada anak-anak) baik yang cidera maupun yang tidak terkena cidera (untuk membandingkan dengan yang normal)
·         Dilakukan dua kali, yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan.
2.      Pemeriksaan laboratorium, meliputi:
·         Darah rutin,
·         Faktor pembekuan darah,
·         Golongan darah (terutama jika akan dilakukan tindakan operasi),
·         Urinalisa,
·         Kreatinin (trauma otot dapat meningkatkan beban kreatinin untuk kliren ginjal).
3.      Pemeriksaan arteriografi dilakukan jika dicurigai telah terjadi kerusakan vaskuler akibat fraktur tersebut.
(Anonim, 2008)


G.    THERAPY
Penatalaksanaan fraktur mengacu kepada empat tujuan utama yaitu:
1.      Mengurangi rasa nyeri,
Trauma pada jaringan disekitar fraktur menimbulkan rasa nyeri yang  hebat bahkan sampai menimbulkan syok. Untuk mengurangi nyeri dapat diberi obat penghilang rasa nyeri, serta dengan teknik imobilisasi, yaitu pemasangan bidai / spalk, maupun memasang gips.
2.      Mempertahankan posisi yang ideal dari fraktur.
Fraktur harus segera diimobilisasi untuk memungkinkan pembentukan hematoma fraktur dan meminimalkan kerusakan. Penyambungan kembali tulang (reduksi) penting dilakukan agar terjadi pemulihan posisi yang normal dan rentang gerak. Sebagian besar reduksi dapat dilakukan tanpa intervensi bedah (reduksi tertutup/OREF), misalnya dengan pemasangan gips, skin traksi maupun bandaging. Apabila diperlukan pembedahan untuk fiksasi (reduksi terbuka/ORIF), pin atau sekrup dapat dipasang untuk mempertahankan sambungan. (Elizabeth J. Corwin, 2009; 339)
3.      Membuat tulang kembali menyatu
Imobilisasi jangka panjang setelah reduksi penting dilakukan agar terjadi pembentukan kalus dan tulang baru. Imobilisasi jangka panjang biasanya dilakukan dengan pemasangan gips atau penggunaan bidai.
4.      Mengembalikan fungsi seperti semula
Imobilisasi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan atrofi otot dan kekakuan pada sendi. Maka untuk mencegah hal tersebut diperlukan upaya mobilisasi. (Anonim, 2008)

 
H.    KOMPLIKASI
·         Non-union, delayed-union dan mal-union tulang dapat terjadi, yang menimbulkan deformitas atau hilangnya fungsi.
·         Sindrom kompartemen.
Ditandai dengan kerusakan atau destruksi saraf dan pembuluh darah yang disebabkan oleh pembengkakan dan edema di daerah fraktur. Dengan pembengkakan interstitial yang intens, tekanan pada pembuluh darah yang menyuplai daerah tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah tersebut kolaps. Hal ini menyebabkan hipoksia jaringan dan dapat menyebabkan kematian saraf yang mempersarafi area tersebut. Biasanya timbul nyeri hebat. Individu mungkin tidak dapat menggerakkan jari tangannya. Untuk memeriksa sindrom kompartemen, hal berikut harus dievaluasi dengan sering pada tulang yang cedera atau digips: nyeri, pucat, parestesia dan paralisis. Denyut nadi mungkin teraba atau mungkin tidak.
·         Embolus lemak dapat timbul setelah patah tulang, terutama tulang panjang, termasuk humerus. Embolus lemak dapat timbul akibat pajanan sumsum tulang, atau dapat terjadi akibat sistem saraf simpatis yang menimbulkan stimulasi mobilisasi asam lemak bebas setelah trauma. Embolus lemak yang timbul setelah patah tulang panjangsering tersangkut di sirkulasi paru dan dapat menimbulkan gawat napas dan gagal napas.
(Elizabeth J. Corwin, 2009; 338)

KONSEP DASAR ASUHAN KEPERAWATAN
A.    PENGKAJIAN
Pengkajian pada klien dengan fraktur humerus menurut Marilyn E. Doengoes 2000 di peroleh data sebagai berikut :

1.      Aktifitas (istirahat)
Tanda : Keterbatasan/kehilangan fungsi pada bagian yeng terkena (mungkin secara fraktur itu sendiri/terjadi secara sekunder dari pembengkakan jaringan nyeri)
2.      Sirkulasi
Tanda : Hipertensi (kadang-kadang terlihat sebagai respon terhadap nyeri/ansietas) atau hipotensi (kehilangan darah), takikerdia (respon stress, hipovolemia), penurunan/ tak ada nadi pada bagian distal yang cedera, pengisian kapiler lambat, pucat pada bagian yang terkena pembengkakan jaringan/masa hepotoma pada sisi cedera
3.      Neurosensori
Gejala : Hilang gerakan/sensasi, spasme otot, kebos/kesemutan (ponestesis)
Tanda : Deformitas lokal : ambulasi abnormal, pemendekan, rotasi, krepitasi (bunyi berdesir) Spasme otot, terlihat kelemahan/ hilang fungsi Agitasi (mungkin berhubungan dengan nyeri /ansietas/trauma)
4.      Nyeri/Kenyamanan
Gejala : Nyeri berat tiba-tiba pada saat cedera (mungkin terlokalisasi pada area jaringan /kesemutan pada tulang = dapat berkurang pada imobilisasi, tidak ada nyeri akibat kerusakan saraf, spasme / kram otot (setelah imobilisasi)
5.      Keamanan
Tanda : Laserasi kulit, opulasi jaringan, perubahan warna, perdarahan, pembengkakan local (dapat meningkatkan secara bertahap /tiba-tiba)
6.      Pemeriksaan diagnostik
a)      Pemeriksaan rontgen, menentukan lokasi/luasnya fraktur/ trauma
b)      Scan tulang, tomogram, scan CT/MRI : memperlihatkan fraktur, juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi kerusakan jaringan lunak.
c)      Arteriogram : di lakukan bila kerusakan vaskuler di curigai
d)     Hitung darah lengkap: HT mungkin meningkat (hemokonsentrasi) /menurunkan (perdarahan multiple)
e)      Kreatinin : trauma otot meningkatkan beban kreatinin untuk ginjal
f)       Profil koagulasi : perubahan dapat terjadi pada kehilangan darah, tranfuse multiple / cedera hati.

 
B.    DIAGNOSA KEPERAWATAN
1.      Nyeri akut berhubungan dengan agen cedera fisik (desakan fragmen cedera pada jaringan lunak) ditandai dengan klien tampak meringis, laporan secara verbal terasa nyeri, perubahan posisi untuk menghindari nyeri.
2.      Hipertermi berhubungan dengan respon inflamasi sistemik ditandai dengan peningkatan suhu tubuh > 37,5° C, akral teraba hangat.
3.      Gangguan mobilitas fisik berhubungan dengan kontraktur otot ditandai dengan klien tidak mampu menggerakkan tangannya, klien mengeluh nyeri saat menggeser tangannya.
4.      Defisit perawatan diri: mandi, berpakaian, makan, eliminasi berhubungan dengan kontraktur otot ditandai dengan klien tidak mampu memegang alat mandi, klien tidak mampu menggunakan pakaian sendiri, klien minta dibantu untuk makan dan eliminasi.
5.      Gangguan rasa nyaman ditandai dengan klien mengeluh merasa tidak nyaman dengan kondisinya.
6.      PK: Perdarahan
7.      PK: Anemia
8.      Ansietas berhubungan perubahan kondisi fisik (patah tulang) ditandali dengan klien mengeluh merasa cemas dengan situasi fisiknya, klien tampak gelisah.
9.      Gangguan citra tubuh berhubungan dengan cedera (posisi tulang tidak anatomis) ditandai dengan klien mengatakan malu dengan kondisi fisiknya, klien tampak menarik diri.

Diagnosa berdasarkan prioritas:
1.      Nyeri akut berhubungan dengan agen cedera fisik (desakan fragmen cedera pada jaringan lunak) ditandai dengan klien tampak meringis, laporan secara verbal terasa nyeri, perubahan posisi untuk menghindari nyeri.
2.      Ansietas berhubungan perubahan kondisi fisik (patah tulang) ditandali dengan klien mengeluh merasa cemas dengan situasi fisiknya, klien tampak gelisah.
3.      Hipertermi berhubungan dengan respon inflamasi sistemik ditandai dengan peningkatan suhu tubuh > 37,5° C, akral teraba hangat.

C.     OUTCOMES DAN INTERVENSI
1.      Nyeri akut berhubungan dengan agen cedera fisik (desakan fragmen cedera pada jaringan lunak) ditandai dengan klien tampak meringis, laporan secara verbal terasa nyeri, perubahan posisi untuk menghindari nyeri.

Setelah diberikan tindakan keperawatan selama 3 x 24 jam, diharapkan tingkat nyeri dapat terkontrol dengan kriteria hasil :
·         Melaporkan nyeri berkurang menjadi skala 4
·         Onset nyeri berkurang menjadi skala 4
·         Melaporkan nyeri terkontrol menjadi skala 4
·         Mampu mendeskripsikan penyebab nyeri, skala 4
           
Intervensi:
<<NIC LABEL 1 : Pain management>>
1.      Kaji lokasi, karakteristik, onset, frekuensi, kualitas, tingkat, dan penyebab nyeri.
2.      Observasi tanda nonverbal terhadap ketidaknyamanan, terutama pada pasien yang tidak dapat berkumunikasi dengan efektif.
3.      Pastikan pasien mendapatkan terapi analgesik dengan baik.
4.      Kaji dampak nyeri terhadap kualitas hidup (misal terhadap tidur, selera makan, aktivitas, kognitif, dan lainnya).
5.      Diskusikan dengan pasien faktor yang dapat mengurangi nyeri.
6.      Ajarkan prinsip manajemen nyeri (relaksasi, guided imagery, distraksi, dan lainnya).
7.      Berikan informasi tentang nyeri, seperti penyebab nyeri, berapa lama nyeri akan berlangsung, dan antisipasi ketidaknyamanan.
<<NIC LABEL 1 : Analgesic Administration>>
1.      Kaji lokasi, karakteristik, kualitas, dan tingkat nyeri sebelum pengobatan.
2.      Cek program pemberian analgesik; jenis, dosis, dan frekuensi.
3.      Evaluasi efektivitas analgesik dan efek sampingnya.
4.      Dokumentasikan respon pasien terhadap analgesik.
5.      Ajarkan tentang penggunaan analgesik, misal strategi menurunkan efek samping.

 
2.      Ansietas berhubungan perubahan kondisi fisik (patah tulang) ditandali dengan klien mengeluh merasa cemas dengan situasi fisiknya, klien tampak gelisah.
Setelah di berikan asuhan keperawatan selama 1 x 2 jam diharapakan kecemasan klien berkurang dengan criteria hasil:
·         Tekanan Darah dalam batas normal
·         Klien tampak tenang
·         Klien mengatakan merasa tidak cemas

Intervensi:
<< NIC Label: Anxiety Reduction >>
1.      Buat klien tenang dengan pendekatan yang meyakinkan
2.      Menyatakan dengan jelas perubahan untuk tingkah laku pasien
3.      Lihat dan pahami perspektif pasien dalam situasi stress
4.      Berikan informasi yang factual mengenai diagnosis, pengobatan dan prognosis yang akan di berikan kepada pasien
5.      Mengatakan kepada pasien untuk mengurangi rasa takutnya untuk mempengaruhi kesehatannya
6.      Memberikan perhatian dengan mendengarkan keluhan atau masalah klien
7.      Selalu mengidentifikasi perubahan tingkat kecemasan
8.      Observasi tanda-tanda cemas verbal dan non verbal
<<NIC Label: Calming Technique>>
1.      Mempertahankan kontak mata denngan pasien
2.      Mempertahankan ketengan pasien
3.      Duduk dan berbicara dengan klien dengan wajah tersenyum
4.      Memberikan sentuhan di daerah dahi
5.      Mengurangi atau menghilangkan rangsangan hal yang menyebabkan  ketakutan dan kecemasan
6.      Mengidentifikasi signifikan lainnya yang dimana kehadirannya dapat membantu pasien
7.      Yakinkan pasien terhadap keselamatan diri dan keamanannya
8.      Menawarkan cairan hangat atau susu
9.      Menawarkan mandi air hangat 
10.  Menggunakan tenik distraksi yang sesuai

3.      Hipertermi berhubungan dengan respon inflamasi sistemik ditandai dengan peningkatan suhu tubuh > 37,5° C, akral teraba hangat, peningkatan tekanan darah dan nadi.

Setelah diberikan asuhan keperawatan  2x8 jam diharapkan suhu tubuh klien kembali normal (36,5o-37,5oC), dengan kriteria hasil:
NOC Label >> Hidration
·       Turgor kulit pasien kembali normal (skala 5)
NOC Label >> Termoregulation
·       Suhu tubuh klien kembali normal (36,5o-37,5oC)
·       Perubahan warna pada kulit klien menjadi normal (skala 5)
NOC Label >> Vital Sign
·       Denyut nadi pasien normal (60-100x/menit)
·       Tekanan darah pasien dalam batas normal (100-120/70-80 mmHg)

Intervensi:
NIC Label >> Fluid Management
·         Pertahankan rekaman medik mengenai intake dan output cairan secara akurat.
·         Berikan cairan secara tepat.
·         Monitor status hidrasi pasien (misalnya kelembaban membrane mukosa) secara tepat.
·         Pertahankan record atau pendataan mengenai intake dan output cairan.
·         Berikan terapi intravena secara tepat.
NIC Label >> Vital Sign Monitoring
·         Monitor tekanan darah, nadi, suhu dan RR pasien
·         Monitor warna kulit pasien
NIC Label >> Enviromental Management
·         Ciptakan lingkungan yang aman bagi pasien
·         Mengidentifikasi kebutuhan pasien berdasarkan tingkat  fungsi fisik dan kognitif serta perilaku pasien
·         Sediakan lingkungan yang bersih dan nyaman
·         Sesuaikan suhu lingkungan sesuai suhu tubuh pasien untuk memenuhi kebutuhan pasien jika suhu tubuh pasien berubah-ubah
NIC Label >> Fever Treatment
·         Monitor pasien jika terdapat kejang
·         Kolaborasikan pemberian antipiretik sesuai kebutuhan
·         Berikan pasien selimut hangat bila diperlukan
·         Anjurkan pasien untuk melakukan kompres hangat

D.    EVALUASI
1)      Nyeri akut berhubungan dengan agen cedera fisik (desakan fragmen cedera pada jaringan lunak) ditandai dengan klien tampak meringis, laporan secara verbal terasa nyeri, perubahan posisi untuk menghindari nyeri.
Evaluasi:
·         Nyeri berkurang menjadi skala 4
·         Onset nyeri berkurang menjadi skala 4
·         Nyeri terkontrol menjadi skala 4
·         Mampu mendeskripsikan penyebab nyeri, skala 4
2)      Ansietas berhubungan perubahan kondisi fisik (patah tulang) ditandali dengan klien mengeluh merasa cemas dengan situasi fisiknya, klien tampak gelisah.
Evaluasi:
·         Tekanan Darah dalam batas normal
·         Klien tampak tenang
·         Klien mengatakan merasa tidak cemas
3)      Hipertermi berhubungan dengan respon inflamasi sistemik ditandai dengan peningkatan suhu tubuh > 37,5° C, akral teraba hangat, peningkatan tekanan darah dan nadi.
Evaluasi:
·           Turgor kulit pasien kembali normal (skala 5)
·           Suhu tubuh klien kembali normal (36,5o-37,5oC), skala 5
·           Perubahan warna pada kulit klien menjadi normal (skala 5)
·           Denyut nadi pasien normal (60-100x/menit), skala 5
·           Tekanan darah pasien dalam batas normal (100-120/70-80 mmHg) skala 5


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2008. Fraktur (patah tulang). (online: http://nursingbegin.com/fraktur-patah-tulang/, akses tanggal 9 januari 2012)
Corwin, Elizabeth J. 2009. Buku Saku Patofisiologi. Jakarta: EGC
Mansjoer, Arif. 2000. Kapita Selekta Kedokteran Edisi ketiga. Jakarta: Media Aesculapius.
McCloskey,Joanne.2004.Nursing Interventions Classification (NIC) Fourth Edition St.Louis Missouri:Westline Industrial Line
Moorhead,Sue.2008. Nursing Outcomes Classification (NOC) Fourth Edition St.Louis Missouri:Westline Industrial Line
Sjamsuhidajat, R. 2004. Buku Ajar Ilmu Bedah. Jakarta: EGC.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar